Home » » Makalah Perangkat Lunak Aplikasi “Photoshop Tutorial”

Makalah Perangkat Lunak Aplikasi “Photoshop Tutorial”

 PENDAHULUAN
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan gambar / photo. Aplikasi serupa yang dapat ditemui selain Photoshop antara lain Corel Draw, Macromedia, dan Microsoft Photo Editor. Photoshop adalah salah satu dari banyak aplikasi yang banyak digunakan oleh para editor dan fotografer digital untuk mengedit hasil photo yang mereka ambil. Photoshop juga merupakan aplikasi pengedit photo yang paling banyak digunakan sehingga software ini dianggap sebagai pemimpin pasar (Market Leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. Bahkan dibeberapa versi terakhir Adobe Photoshop, software ini telah disertakan pula software tambahan, Adobe ImageReady. Pada prinsipnya, Photoshop bisa dipakai untuk mendesain apa saja, entah itu poster atau gambar.
            Adobe Photoshop dapat dikatakan sebagai software paling lengkap dan mumpuni fasilitasnya dibanding dengan yang lain. Aplikasi Adobe Photoshop bekerja dengan metode pemisah setiap komponen gambar menjadi layer yang berbeda, hal ini akan sangat memudahkan anda untuk berkreasi atau melakukan proses penyuntingan gambar.
SEJARAH
          Pada tahun 1987, seorang mahasiswa PhD dari universitas Michigan di Amerika bernama Thomas Knoll mulai menulis dan mengembangkan sebuah program pada Machintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokromnya. Pada masa ini, belum bernama photoshop, akan tetapi Display. Program ini menarik perhatian saudaranya sendiri yaitu John Knoll. Ia juga membujuk Thomas agar merubah programnya sebagai program penyunting gambar penuh. Thomas pun mengubah nama programnya menjadi ImagePro setelah ia mengambil cuti kuliah selama 6 bulan untuk bekerja sama mengembangkan program ini bersama John.
            Tahun selanjutnya, ia pun akhirnya merubah nama programnya menjadi Photoshop. Ia juga bekerja sama dengan produsen scanner ternama Barneyscan untuk mendistribusikan salinan program ini, dengan bantuan Barneyscan pula, telah ada total 200 salinan Photoshop yang telah dikirimkan.
Pada masa ini, John Knoll mengunjungi Silicon Valley dan memberikan demonstrasi program Photoshop ke perusahaan Apple dan juga kepada Russell Brown, seorang direktur seni di perusahaan Adobe. Kedua demonstrasi ini berhasil dan Adobe pun memutuskan untuk membeli izin lisensinya dan mendistribusikanya pada bulan September tahun 1998. Ketika John bekerja di California, Thomas tetap berada di Ann Arbor menulis kode program. Akhirnya pada tahun 1990, Photoshop versi 1.0 dirilis khusus pengguna Machinstosh.


Thomas Knoll
John Knoll
SEJARAH PERILISAN SETIAP VERSI ADOBE PHOTOSHOP
Versi
Tanggal Rilis
1.0
Februari, 1990
2.0
Juni, 1991
2.5
November, 1993
3.0
November, 1994
4.0
November, 1996
5.0
Mei, 1998
6.0
September, 2000
7.0
Maret, 2002
CS
Oktober, 2003
CS 2
April, 2005
CS 3
Januari, 2007
CS 4
30 Oktober 2008
CS 5
12 April 2010
CS 6
21 Maret 2012
 FITUR
  1. 1.     Bahasa
          Adobe Photoshop semua versi tersedia dalam beberapa bahasa seperti : Bahasa Inggris, Cina (sederhana & tradisional), Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Romania, Rusia, Spanyol, Swedia, Turki, serta Ukraina.
            Untuk versi bahasa Arab, Yunani serta Ibrani juga tersedia. Versi ini dapat di download dari Winsoft.
  1. 2.     Model Warna
Beberapa model warna yang tersedia di photoshop :
  1. RGB
  2. Lab
  3. CMYK
  4. Grayscale
  5. Bitmap
  6. Duotone
  1. 3.     Format File
Format standar penyimpanan dokumen dalam Adobe Photoshop adalah .PSD. PSD memiliki kemampuan yang dapat mendukung segala format gambar di Photoshop. Beberapa format yang tersedia di Photoshop antara lain : PSD, BMP, GIF, JPEG, JPG, PNG, dll.
  1. 4.     Peningkatan Fitur Di Setiap Versi
            Disetiap versi terbaru photosop yang dirilis, akan selalu ada fitur fitur baru yang ditambahkan mulai dari Photoshop versi 1.0 hingga versi Phostoshop CS 6 yang merupakan Photoshop paling anyar yang ada saat ini. Di photoshop CS 6 terdapat fitur “Camera RAW” untuk menciptakan foto yang lebih detail, sebenarnya fitur ini sudah ada sejak Photoshop CS 4, namun fitur ini terus dikembangkan hingga versi teranyar.
            Berikut adalah beberapa fitur yang ditingkatkan oleh Adobe Photoshop sejak versi 1.0 hingga Photoshop CS 6.
  1. 1.      Adobe Photoshop versi 1.0 tahun 1990
Ini adalah produk awal sehingga beberapa fitur hanya meliputi : Curves, Levels, Alatan Clone, serta pengaturan warna menggunakan Hue, Balance, dan Saturasi.
  1. 2.      Adobe Photoshop versi 2.0 tahun 1991
Versi ini telah didukung dengan beberapa fitur seperti CMYK, Duotone, dan alat Pen. Versi Photoshop 2.0 ini pulalah yang menjadi permulaan untuk system operasi MAC.
  1. 3.      Adobe Photoshop 2.5 tahun 1993
Peng-upgrade-an versi, serta penambahan beberapa palet.
  1. 4.      Adobe Photoshop 3.0 tahun 1994
Versi 3.0 ini disokong oleh plattes tab yang membantu pengguna untuk menetapkan ruang kerja di Photoshop.
  1. 5.      Adobe Photoshop 4.0 tahun 1996
Di versi ini ada penambahan di sector penyesuaian layers dan action. Juga terdapat toolbar-toolbar baru.
  1. 6.      Adobe Photoshop 5.0 tahun 1998
Ada 2 perubahan utama dalam versi ini, yaitu pengeditan teks dan membatalkan kemampuan yang sebelumnya. Di versi 5.0 pulalah ditambahkan Magnetik Lasso Tool.
  1. 7.      Adobe Photoshop 6.0 tahun 2000
Versi ini memperkenalkan kepada pengguna dengan Layer Style dan Blending Option. Yang membantu membuat kesan yang sangat cepat dan mudah. Adapula bentuk vector, memperbaharui antarmuka pengguna, dan penapis liquefy.
  1. 8.      Adobe Photoshop 7.0 tahun 2002
Pengemasan fitur yang ada pada Photoshop versi 7.0 antara lain Healing Brush, Pembentukan teks penuh vector, mesin untuk lukisan yang diperbaharui.
  1. 9.      Adobe Photoshop CS tahun 2003
Versi ini adalah versi pertama yang menggunakan nama CS (Creative Suite). Fitur fitur barunya antara lain : Arahan Shadow / Serlahan, Penggunaan persamaan arahan warna, Lens Blur, Realtime Histogram, Slice, Kumpulan Layer.
  1. 10.  Adobe Photoshop CS 2 tahun 2005
Adobe Photoshop CS 2 merupakan produk Adobe terbaru pada tahun ini. Ini juga merupakan trend terbaru untuk membantu pengguna bekerja lebih baik bersama kandungan-kandungan di Photoshop seperti bekerja dengan SmartObject, Red Eyes, Point, dll. Penambahan fitur yang terdapat di Photoshop CS 2 antara lain Mempunyai sambungan ke aplikasi Adobe Bridge 1.0, Image Warp, Spot Healing Brush, Pembetulan Lensa Penapis, Smart Sharpen, Smart Guides, serta sokongan HDR imaging.
  1. 11.  Adobe Photoshop CS 3 tahun 2007
Photoshop CS 3 merupakan era dan langkah yang baru. Photoshop CS 3 diklaim sebagai Photoshop paling ideal untuk seorang fotografer. Berbeda dengan logo photoshop versi sebelumnya yang menggunakan Bulu sebagai logo, Adobe Photoshop CS 3 menggunakan bentuk tipografi dengan huruf “Ps” berwarna putih dan berlatar belakang warna biru-gradien. Fitur baru yang terdapat di Photoshop CS 3 antara lain Movie Paint, Vanishing Point dengan sokongan 3D, mendukung format DICOM, terintegrasi dengan MATLAB.
  1. 12.  Adobe Photoshop CS 4 tahun 2008
Ini adalah versi terbaru yang dikeluarkan oleh Adobe pada tahun 2008 yang merupakan penyempurna dari versi sebelumnya. Versi CS 4 ini telah mencakup software print, mobile, interaktif, film, serta pembuatan video. 4 produk yang dikeluarkan oleh Photoshop CS 4 anatara lain : Design Premium, Web Premium, Production Premium, dan Master Collection .
  1. 13.  Adobe Photoshop CS 5 tahun 2010
Fitur-fitur terbaru yang terdapat di Photoshop CS 5 antara lain adalah Panel Mini Bridge yang berfungsi untuk mengelola koleksi foto-foto anda yang anda miliki di computer, adalah pula Brush Presets yang berguna untuk mengedit foto digital siap pakai, juga Tool Presets untuk menyimpan brush yang pernah anda buat, Tool Tablet Pleasure disediakan bagi yang gemar melukis dengan menggunakan media Pen Tablet, yang terakhir terdapat Puppet Warp, Berfungsi untuk mengubah bentuk objrk gambar dengan cara memberi tarikan tarikan pada objek gambar seperti layaknya Anda menarik objek objek yang terbuat dari plastik yang sangat lentur.
  1. 14.  Adobe Photoshop CS 6 tahun 2012
Photoshop CS 6 membawa beberapa fitur untuk pengeditan video. CS 6 juga membawa fitur Straighten dimana pengguna tidak perlu repot jika ingin mengukur kanvas. Cukup tarik garis dimana saja pada gambar, maka kanvas akan terorientasi sendiri.
TOOL DI DALAM ADOBE PHOTOSHOP
Sebeneranya dalam Adobe Photoshop hanya ada 7 tool yang sangat penting, yaitu Selection Tool, Crop & Slice Tool, Retouching Tool, Painting Tool, Drawing & Type Tool, Annotation-Measuring & Navigation Tool. Namun disetiap satu tool ada sub tool yang harus diketahui, antara lain :
  1. Selection Tool
1.1.Marquee Tool
1.1.1.      Rectangular Marque
1.1.2.      Elliptical Marque
1.1.3.      Single Row Marque
1.1.4.      Single Column Marque
1.2.Move Tool
1.3.Lasoo Tool
1.3.1.      Lasoo
1.3.2.      Polygonal Lasoo
1.3.3.      Magnetic Lasoo
1.4.Magic Wand Tool
  1. Crop & Slice Tool
2.1.Crop Tool
2.2.Slice Tool
2.2.1.      Slice Tool
2.2.2.      Slice Select Tool
  1. Retouching Tool
3.1.Patch / Healing Brush Tool
3.1.1.      Patch Tool
3.1.2.      Healing Brush Tool
3.2.Stamp Tool
3.2.1.      Clone Stamp Tool
3.2.2.      Pattern Stamp Tool
3.3.Eraser Tool
3.3.1.      Eraser
3.3.2.      Background Eraser
3.3.3.      Magic Eraser
3.4.Sharpen, Blur, Smudge Tool
3.4.1.      Sharpen Tool
3.4.2.      Blur Tool
3.4.3.      Smudge Tool
3.5.Dodge, Burn, Sponge Tool
3.5.1.      Dodge Tool
3.5.2.      Burn Tool
3.5.3.      Sponge Tool
  1. Painting Tool
4.1.Brush Tool
4.1.1.      Brush Tool
4.1.2.      Pencil Tool
4.2.History Brush Tool
4.2.1.      History Brush Tool
4.2.2.      Art History Tool
4.3.Gradient, Paint Bucket Tool
4.3.1.      Gradient Tool
4.3.2.      Paint Bucket Tool
  1. Drawing & Type Tool
5.1.Selection Tool
5.1.1.      Path Selection Tool
5.1.2.      Direct Selection Tool
5.2.Type Tool
5.2.1.      Horizontal Type Tool
5.2.2.      Vertical Type Tool
5.2.3.      Horizontal Type Mask Tool
5.2.4.      Vertical Type Mask Tool
5.3.Pen Tool
5.3.1.      Pen Tool
5.3.2.      Freeform Pen Tool
5.3.3.      Add Anchor Point Tool
5.3.4.      Delete Anchor Point Tool
5.3.5.      Convert Point Tool
5.4.Shape Tool
5.4.1.      Rectangle Tool
5.4.2.      Rounded Rectangle Tool
5.4.3.      Ellipse Tool
5.4.4.      Polygon Tool
5.4.5.      Line Tool
5.4.6.      Custom Shape Tool
  1. Annotation, Measuring, & Navigation Tool
6.1.Note Tool
6.1.1.      Note Tool
6.1.2.      Audio Annotation Tool
6.2.Eyedropper, Measure Tool
6.2.1.      Eyedropper Tool
6.2.2.      Color Sampler Tool
6.2.3.      Measure Tool
6.3.Hand Tool
6.4.Zoom Tool
6.5.Background and Foreground Color
6.6.Normal and Quickmask Mode
SHORTCUT FUNGSI
Di Adobe Photoshop disediakan beberapa fungsi shortcut yang memudahkan untuk mengedit gambar. Dengan menggunakan shortcut, perintah-perintah atau penggunaan tool-tool dalam Photoshop akan lebih cepat diakses dari pada menggunakan mouse.
Tombol Shortcut
Fungsi
M
  • Rectangular Marquee Tool
  • Elliptical Marquee Tool
W
  • Magic Wand Tool
V
  • Move Tool
L
  • Lasso Tool
  • Polygonal Lasso Tool
  • Magnetic Lasso Tool
B
  • Brush Tool
  • Pencil Tool
  • Color Replacement Tool
J
  • Spot Healing Brush Tool
  • Healing Brush Tool
  • Patch Tool
  • Red Eye Tool
C
  • Crop Tool
K
  • Slice Tool
  • Slice Select Tool
S
  • Clone Stamp Tool
  • Pattern Stamp Tool
Y
  • History Brush Tool
  • Art History Brush Tool
E
  • Eraser Tool
  • Background Eraser Tool
  • Magic Eraser Tool
G
  • Gradient Tool
  • Paint Bucket Tool
R
  • Blur Tool
  • Sharpen Tool
  • Smudge Tool
O
  • Dodge Tool
  • Burn Tool
  • Sponge Tool
A
  • Path Selection Tool
  • Direct Selection Tool
T
  • Horizon Type Tool
  • Vertical Type Tool
  • Horizontal Type Mask Tool
  • Vertical Type Mask Tool
P
  • Pen Tool
  • Freeform Tool
U
  • Rectangle Tool
  • Rounded Rectangle Tool
  • Ellipse Tool
  • Polygon Tool
  • Line Tool
  • Custom Shape Tool
N
  • Notes Tool
  • Audio Annotation Tool
I
  • Eyedropper Tool
  • Color Sampler Tool
  • Measure Tool
H
  • Hand Tool
Z
  • Zoom Tool
 KELEBIHAN DAN KELEMAHAN
  • Ø KELEBIHAN
  1. Membuat tekstur dan material ambar yang sangat beragam.
  2. Dapat memproses materi web.
  3. Dapat menerima photo pengguna dalam berbagai model warna.
  4. Dapat membuat gambar seperti tembok, lantai, atap dengan aneka texture / pattern yang telah diciptakan.
  5. Sangat ideal untuk pengolahan film, video, dan multimedia, secara professional.
  6. Dapat membuat tulisan dengan efek-efek tertentu.
  • Ø KEKURANGAN
  1. Hanya dapat digunakan untuk membuat gambar yang statis.
  2. Harga merupakan salah satu kelemahan untuk Adobe Photoshop, dimana Photoshop dibanderol US $600.
  3. Perkembangan Adobe Photoshop dari versi sebelumnya hingga versi teranyar sangat membutuhkan spesifikasi computer juga yang sangat memumpuni.
 APLIKASI ALTERNATIF
  1. Corel Photo-Paint
Corel Photo-Paint adalah aplikasi pengedit grafis yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel sejak tahun 1992. Sekarang ini Corel memasarkan produknya untuk system operasi Windows, tetapi sebelumnya telah dipasarkan terhadap Linux dan MAC OS terlebih dahulu. Pesaing utama produk Corel dipasar adalah Adobe Photoshop.
  1. Helicon Filter
Helicon Filter adalah software pengeditan photo yang hamper mirip dengan Adobe Photoshop dan GIMP. Dikembangkan oleh Helicon Soft Ltd, Helicon Filter tidak seperti Photoshop, dimana Helicon dirancang untuk mengedit atau memperbaiki foto yang sudah ada, bukan untuk menciptakan grafis desain seperti Photoshop. Helicon pertama kali dikenalkan ke public pada tahun 2004 oleh perusahaan Helicon Soft Ltd yang berwilayah di Kharkov, Ukraina.
  1. Photoscape
Photoscape adalah software gratisan untuk pengeditan photo. Photoscape adalah aplikasi yang mendasarkan penggunanya “Mudah & Menyenangkan” dimana Photoscape menyediakan bingkai-bingkai photo yang cantik, penyesuaian warna, memotong, mengubah ukuran, dan membuat animasi GIF dengan gampang. Satu kekurangan Photoscape adalah Photoscape hanya tersedia untuk Microsoft Windows dan tidak tersedia untuk MAC ataupun Linux.
  1. openCanvas
  • openCanvas adalah aplikasi software grafis dan sangat mirip dengan aplikasi Paint di Microsoft Windows. openCanvas dikembangkang oleh PGN group. Versi terakhir dari openCanvas adalah versi 5.5.04 yang dirilis pada 13 Juli 2012 dalam bahasa Inggris dan Jepang.
  1. GIMP
GIMP adalah aplikasi editor grafis yang mampu bekerja di banyak sitem operasi, seperti Linux, Windows, dan juga MAC. GIMP adalah salah satu program yang cukup popular dan juga memiliki komunitas yang besar. Beberapa format file yang didukung oleh GIMP antara lain GIF, PNG, JPG, JPEG, TIFF bahkan PSD.
  1. Paint.NET
Paint.NET adalah software pengeditan gambar untuk Microsoft Windows, dan dikembangkan di .NET Framework. Pada awalnya Paint.NET hanyalah sebuah proyek tugas yang dimiliki oleh seorang mahasiswa di Washington State University bernama Rick Brewster. Komunitas Paint.NET juga sangat membantu anda yang ingin mempelajarinya karena telah disediakan tutorialnya.
DAFTAR PUSTAKA

Written by : Puji - Berbagi bersama...!!!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar