Home » » Pengenalan Perangkat Lunak

Pengenalan Perangkat Lunak

Perangkat lunak ( software) adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Fungsi Perangkat Lunak
1.    Mengidentifikasi program
2.    Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3.    Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
4.    Mengatur input dan output dari komputer.
5.    Menyediakan dan mengatur serta memerintah hardware agar dapat berjalan dengan baik.
6.    Menjalankan perintah tertentu pada sebuah sistem komputer.
7.    Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien dan maksimal.
Macam- Macam Perangkat Lunak
A. Berdasarkan fungsinya perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
•    Menyimpan program dan aksesnya
•    Membagi tugas di dalam CPU
•    Mengalokasikan tugas-tugas penting
•    Merekam sumber-sumber data
•    Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
•    Memeriksa kesalahan sistem
•    Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
•    Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain. Atau dengan kata lain program yang di desain untuk membantu pengguna supaya dapat lebih produktif atau membantu dengan tugas- tugas khusus.
Beberapa perangkat lunak aplikasi dasar diantaranya adalah browser, pengolah kata seperti Microsoft Word, pengolah grafik, game, sistem manajemen, dll.
Ada 2 macam tipe perangkat lunak aplikasi, antara lain :
•    Customized application software, Perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau industri tertentu.
•    Package applicatio software, Perangkat lunak yang sudah merupakan paket dari vendor ( perusahaan) yang umumnya dijual di toko- toko untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
•    Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
•    Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
•    Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
•    Norton Utility
•    Winzip
•    Norton Ghost
•    Antivirus
B. Berdasarkan cara mendapatkan dan hak pemakaian, perangkat lunak terdiri dari :
1. Perangkat lunak komersial ( Commercial software )
Perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiapa orang yang ingin menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti dianggap melakukan pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hukuman karena ada hak cipta.
Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa izin pemegangnya.
Perangkat lunak komersial biasanya dikembangkan oleh kalangan bisnis untuk memperoleh keuntungan daru penggunanya. Contoh :
•    MYOB bersifat komersial dan diproduksi oleh MYOB Inc.
•    SAP ( System Application and Product ) bersifat komersial dan diproduksi oleh SAP Inc.
•    Microsoft Office
2. Perangkat lunak domain- publik
Perangkat lunak yang tidak disertai hak cipta dan memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program tersebut, termasuk membuang nama pencipta aslinya dan memakai hak cipta, atau dengan kata lain adalah suatu software yang tidak dilindungi hak ciptanya atau gratus dan tidak terikat secara hukum.
Versi penuh,, source code tersedian secara bebas untuk dimodifikasi dan di distribusikan ulang dengan lisensi apapun. Contoh : Apache, MySQL.
3. Shareware
Perangkat lunak yang mengizinkan orang untuk mendistribusikan salinannya, tetapi mereka yang terus menggunakannya diminta untuk membayar biaya lisensi. Atau dengan kata lain adalah suatu software yang membatasi penggunaannya dengan mengurangi fitur- fitur tertentu atau membatasi masa penggunaannya selama jangka waktu tertentu.
Ada beberapa istilah yang sering ditemukan, antara lain :
•    Demo/Trial : Software tersebut bisa dipakai, tapi biasanya terbatas oleh jangka waktu tertentu ( Misal 90 Hari ) atau terbatas oleh fitur- fitur tertentu.
•    Beta : Software yang dalam proses pembuatan dan developingnya belum selesai, tapi sudah bisa kita gunakan. Jika sudah fix biasanya disebut dengan istilah Stable.
Contoh software shareware pada umumnya adalah program antivirus, software gratis, Internet download manager, Tune up utilities, WinRAR, dll.
4. Freeware
Perangkat lunak bebas yang mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meingkatkan kinerja perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut dibagikan secara Cuma- Cuma tanpa mewajibkan pengguna untuk membeli software tersebut serta dapat digunakan untuk jangka waktu juga dengan hak distribusi yang tak terbatas.
Suatu program merupakan freeware, apabila setiap pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut sehingga kita bebas untuk menyebar luaskan salinan program itu, dengan atau tanpa modifikasi ( perubahan), secara gratis ataupun dengan memungut biaya penyebarluasan, kepada siapapun dan dimanapun.
Software yang termasuk dalam freeware antara lain seperti browser Mozilla firefox, Opera, Smadav, dll.
5. Rentalware
Perangkat lunak yang dapat digunakan oleh perorangan atau institusi dengan cara menyewa. Penyewaan rentalware biasanya dalam jangka waktu per ta-hun. Teknisnya hampir sama seperti software shareware, bedanya disini yaitu jika sudah mencapai jangka waktu atau batas pemakaian tertentu, maka software tidak bisa digunakan lagi ( lock), dan pengguna harus memperpanjang kontrak sewa pemakaian software tersebut, bukan membeli passcode seperti shareware. Jadi tujuan rentalware tidak untuk diperjualbelikan.
Contoh perangkat lunak rentalware biasany adalah sejenis software yang penggunaannya hanya dalam jangka waktu tertentu dan tidak permanen, misalnya dalam menyelesaikan suatu project yang tidak permanen. Jadi apabila project yang dikerjakan telah selesai, maka perangat lunak tidak lagi digunakan dan masa penyewaannya pun habis.
6. Software Open Source
Pengertian software open source hampir sama dengan software freeware, yang membedakan adalah pada software open source pihak pembuat/ developer turut menyediakan source code atau keseluruhan bahasa pemrograman yang menciptakan software tersebut hingga berjalan. Situs paling terkenal untuk mendapatkan software- software berjenis open source tersebut dapat langsung mengunjungi http://www.sourceforge.net .

Written by : Puji - Berbagi bersama...!!!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar